Halo! Blog ini berisi hasil resensi saya terhadap buku Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching & Team Teaching karya Jamal Ma'mur Asmani. Selamat membaca :)
Idenditias buku
Penulis : Jamal Ma’mur Asmani
Judul : Pengenalan dan Pelaksanaan
Lengkap MicroTeaching & TeamTeaching
Tahun terbit : 2010
nama penerbit : DIVA Press (Anggota
IKAPI)
Tebal buku :
172 halaman
Kota penerbit :
Yogyakarta
Cetakan :
pertama
Biografi penulis
Jamal Ma’mur Asmani, lahir pada 11 Oktober 1979, adalah anak
ke-3 dalam 5 bersaudara dari Irham Asmani (bapak) dan Siti Ruqoyyah (ibu). Sesuai
dengan nomor urut saudara, mulai Amin Musthofa, Siti Maryam, Jamal Ma’mur
Asmani, Muhammadun AS., Munfa’tun Khotimah.
Lulus Ibtidaiyah dan Tsanawiyah dari Madrasah Misbahul Ulun
Paucen Trangkil Pati, desa kelahirannya, Aliyah di Matholi’ul Falah Kajen
Margoyoso Pati, asuhan KH. Sahal Mahfudh (Rais Am Syuriyah PBNU) pada 1997.
Pendidikan nonformalnya di Pondok Pesantren Raudlatul Ulun
Kajen Pati (1995-1998). Lalu, meneruskan di Pondok Pesantren Sunan Ampel
Jombang, asuhan KH. Taufiqurrahman Muhid, putra menantu KH. Mahfudh (1998-2002),
Pondok Pesantren Salafiyah Seblak Jombang (2002), dan Pondok Pesantren
Mahasiswa al-Aqobah Kwaton Diwek Jombang (2002-2004).
Semasa di Jombang, penulis banyak membaca literatur
keislaman dan kemodernan. Penulis juga berkecimpung dalam LSM Cepdes, center for pesantren and democracy studies (Pusat
Studi Pesantren dan Demokrasi) yang memmberikan pelatihan-prlatihan tentang
demokrasi, kesetaraan, pluralisme, dan visi kepemipiinan progresif.
Bakat menulisnya dimulai sejak masih Aliyah dan dikembangkan
di Jobang. Sejak tahun 2001, tulisannya sudah mmenyebar di berbagai media massa.
Beberapa karyanya yaitu Sang Kiai, Fatwa
KH. M. Hasyim Asy’ari Seputar Islam dan Masyarakat (Yogyakarta: Qirtas
Qalam, 2005).
Latar Belakang Buku
Pembelajaran
adalah proses utama pendidikan. Interaksi guru dan murid secara dialogis dan
kritis adalah penentu efektivitas program pembelajaran. Artinya dibutuhkan
inovasi pembelajaran dengan berbagai pendekatan yang efektif untuk
membangkitkan semangat belajar anak didik. Metode pembelajaran yang stagnan dan
tradisional harus dibuang jauh-jauh karena bertentangan dengan spirit reformasi
dan dinamisasi pendidikan nasional. Dalam konteks ini dibutuhkan
profesionalitas seorang guru. Micro teaching dan team teaching adalah terobosan
progresif dalam dunia pendidikan yang diharapkan mampu mendongkrak prestasi
pendidikan di negeri ini sehubungan dengan tantangan dunia global yang semakin
ketat.
Buku
ini hadir di hadapan pembaca dalam rangka memenuhi hajat publik dalam dunia
pendidikan yang sangat membutuhkan buku panduan dan wacana yang berhubungan
dengan pelaksanaan micro teaching dan team teaching. Diharapkan buku ini mampu
menjawab kegelisahan dan kekosongan ilmu tentang microteaching sehingga dalam
realisasinya tidak memenuhi banyak kendala.
Isi Buku
Bab
1 Mengenal Micro Teaching
Micro
teaching adalah cara dalam melatih keterampilan keguruan atau praktik mengajar
dalam lingkup kecil/terbatas. Micro teaching diadakan untuk mengetahui
kompetensi guru dalam mengajar, penugasan materi, penugasan kelas, metodologi
pembelajaran yang digunakan, dan sebagainya. Micro teaching sangat bermanfaat
dalam merekrut guru yang berkualitas serta meningkatkan kualitas guru senior
yang masih konservatif dan monoton metode pembelajarannya. Jumlah pesertanya
sekitar 5 sampai 10 orang, ruang kelasnya terbatas, waktu pelaksanaannya
sekitar 10 hingga 15 menit, terfokus pada keterampilan mengajar tertentu, dan
pokok pembahasan yang disederhanakan.
Bab
2 Mengenal Team Teaching
Menurut
Yeni Artininsih (2008), team teaching merupakan strategi pembelajaran yang
dilakukan oleh lebih dari satu orang guru dengan pembagian peran dan tanggung
jawab masing-masing. Tujuan pelaksanaan team teaching adalah untuk
mengefektifkan proses belajar dan mengajar. 1 orang guru memberikan bimbingan
teknis sedangkan guru yang satunya lagi memberikan aspek lainnya. Selain itu,
masing-masing guru dapat saling melengkapi kekurangan dan kemampuan
masing-masing. Sehingga tujuan utama penerapan tim teaching tidak lain adalah
untuk peningkatan kualitas hasil proses pembelajaran.
Bab
3 Asas-asas Micro Teaching dan Team Teaching
Kerja
sama, merupakan asas utama dalam micro teaching. Bekerjasama berarti bekerja
secara bersama-sama. Dalam hal ini yang harus dihindari adalah sifat
individualisme, egoisme dan one man show.
Sinergi,
adalah saling mengisi, menutupi kelemahan dan kekurangan, serta berjalan
beriringan untuk sebuah tujuan yang hendak dicapai bersama. Janganlah seseorang
merasa diri sempurna sebab hal ini akan melahirkan kesombongan, kebiadaban,
sikap merendahkan orang lain, dan melemahkan semangat belajar.
İntegritas
ilmiah, merupakan modal utama guru dalam mengajar. Kejujuran seorang guru dalam
mengambil, menjelaskan, dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan akan membawanya
pada kemantapan, pengaruh, dan kedamaian mental.
Inovasi,
adalah suatu gagasan, barang, atau kejadian yang diamati, disadari, dirasakan,
dan diteima sebagai hal yang baru oleh seseorang atau kelompok (masyarakat),
baik sebagai hasil discovery maupun invention.
Untuk melahirkan inovasi dibutuhkan kreativitas yang tinggi.
Bab
4 Kendala Pelaksanaan Micro teaching dan Team Teaching
- Keterbatasan
fasilitas
- Tidak
adanya goal will daei kepala sekolah
- Siswa
kurang interaktif
- Kurang
kerjasama
- Kurang
pendanaan
Bab
5 Tips Efektif Pelaksanaan Micro Teaching dan Team Teaching
Tips
sukses micro teaching : Tersedianya laboratorium, membekali kompetensi
guru, melakukan pengawasan, evaluasi
secara kontinu, dan menggunakan manajemen yang profesional.
Tips sukses team teaching : perencanaan yang
matang, kerjasama sinergis, aktif
mengevaluasi, melakukan pembaruan dan
inovasi, dan mengedepankan tanggung jawab kolektif.
Kelebihan
kelebihan
dari buku ini adalah Jamal Ma'mur Asmani
menjelaskan setiap bab nya dengan baik. Materi yang diberikan memiliki
kesinambungan antara satu dengan yang lainnya. Pemilihan kata yang lazim
digunakan juga menambah nilai plus buku ini. Pembaca menjadi mudah memahami
isinya. Jamal juga memberikan beberapa kata kata motivasi yang di sajikan
secara apik pada suatu kolom di tepi buku yang sesuai dengan materi pada bab
tertentu. Selain itu, juga terdapat kolom untuk catatan sumber. Untuk tampilan
cover, buku ini cukup menarik karena warna yang dipilih terasa cocok. Font yang
digunakan untuk konten juga pas dan nyaman untuk dibaca. Dengan font size yang
cukup besar sehingga memudahkan pembaca dalam membaca.
Kekurangam
Kekurangan
dari buku ini adalah kurangnya ornamen
ornamen visual yang dapat menciptakan gairah membaca. Kebanyakan pembaca akan
tertarik untuk melanjutkan bacaan apabila ada ornamen ornamen yang terdapat di
buku, seperti gambar gambar ataupun bentuk bentuk lainnya.
Kesimpulan
Dari
resensi buku yang saya buat, bahwa buku Pengenalan dan Pelaksanaan Lengkap
Micro Teaching & Team Teaching layak dibaca kalangan dewasa dan remaja.
Demikian resensi yang saya buat. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar